-->

Manfaat Mengonsumsi Buah Melon Untuk Kesehatan

  Mengonsumsi buah memang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Buah mengandung berbagai macam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak terkecuali dengan buah melon, yang memiliki nama latin Cucumis melo, yang sangat bermanfaat bagi tubuh.Selain memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, buah melon memiliki manfaat untuk kulit, pencernaan, penglihatan, hingga tulang. Buah ini sangat mudah ditemukan di pasar swalayan ataupun di pasar tradisional. Melon juga mudah ditemukan di penjual buah-buahan yang ada di pinggir jalan.

  Buah melon mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C ini penting bagi tubuh karena bersifat antioksidan yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh terutama untuk menangkal radikal bebas. Selain vitamin C, melon juga mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin B6, serta vitamin B12. Tak hanya vitamin yang terkadung dalam buah yang satu ini, terdapat beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya Natrium, Kalium, Zat besi, dan juga Magnesium. Melon juga aman dikonsumsi oleh semua orang, termasuk orang yang memiliki masalah dengan kolestrol, karena buah ini tidak mengandung kolestrol dan hanya mengandung sedikit lemak.



Berbagai Manfaat Buah Melon

  Dengan mengonsumsi buah melon, anda bisa memperoleh berbagai manfaat untuk kesehatan, antara lain:

1. Tinggi kandungan kalium

Kekurangan kalium dapat menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur dan aliran darah tidak lancar. Nah, salah satu manfaat buah melon adalah mengandung dosis kalium seimbang untuk tubuh. Kalium dalam melon ini juga membantu mencegah naiknya tekanan darah. Anda bisa memodifikasi buah melon, semangka, dan blewah sebagai menu salad sarapan pagi Anda.

2. Mengandung vitamin C

Buah melon mengandung vitamin C yang berguna baik untuk  kesehatan. Perharinya, Anda bisa mengonsumsi satu cangkir melon, yang sama dengan kebutuhan harian vitamin C Anda. Vitamin C berguna baik untuk tubuh, karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah penyakit serta infeksi yang menyerang.

3. Baik untuk yang sedang diet

Buah melon mengandung sejumlah serat yang membantu mengatur pencernaan serta menurunkan kadar kolesterol tubuh secara keseluruhan. Pencernaan yang baik, biasanya berhubungan juga dengan buang air secara teratur. Artinya, dengan makan buah melon, bisa  mengurangi kemungkinan adanya masalah pencernaan, seperti sembelit contohnya.

Selain itu, melon juga merupakan buah yang rendah kalori. Jadi kalau ingin diet, boleh Anda memperhitungkan melon sebagai asupan diet. Manfaat buah melon ini akan banyak membantu tubuh untuk menjaga kestabilan berat badan.

4. Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Buah melon mengandung karotenoid yang sangat tinggi. Kandungan karotenoid ini yang dapat mencegah berkembangnya sel kanker. Karotenoid mampu membunuh bibit-bibit kanker yang akan menyerang tubuh. Sehingga, mengonsumsi buah melon dapat menurunkan risiko terserang kanker seperti kanker paru-paru dan kanker payudara.

5. Dapat Mencegah Penyakit Stroke Dan Jantung

Kandungan antikoagulan, sering disebut adenosine, yang terdapat dalam buah melon dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah. Penggumpalan darah inilah yang menjadi penyebab dari penyakit stroke dan jantung. Sehingga, mengonsumsi buah melon dapat mencegah penyakit stroke dan jantung.

6. Dapat Menurunkan Risiko Diabetes

Mengonsumsi buah melon sebagai cemilan jauh lebih baik daripada mengonsumsi manisan. Buah melon mengandung kadar gula alami dan air. Gula alami ini mudah diserap oleh tubuh sehingga risiko terserang diabetes menjadi lebih kecil.

7. Dapat Meredakan Panas Dalam

Kandungan air dalam buah melon sangat tinggi. Air yang terkandung dalam buah melon sekitar 95% dan memberikan efek yang menyejukkan. Kandungan yang tinggi inilah yang menyebabkan mengonsumsi buah melon dengan rutin dapat meredakan penyakit panas dalam. Jauh lebih baik mengonsumsi buah melon untuk meredakan penyakit panas dalam daripada mengonsumsi air putih atau obat pereda panas dalam yang dijual dipasaran.

8. Membantu Proses Pencernaan

Selain kandungan air yang mencapai 95%, buah melon juga mengandung serat pangan yang cukup tinggi. Dua kandungan ini yang dapat membantu proses penceranaan. Mengonsumsi buah melon secara rutin dapat mencegah terjadinya sembelit. Selain mencegah sembelit, buah melon juga memiliki manfaat lain, yaitu dapat menurunkan kadar asam lambung sehingga cocok untuk terapi penyembuhan penyakit maag.

9.Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Buah melon memang terbukti menyegarkan, apalagi jika Anda konsumsi setelah berolahraga atau saat dalam keadaan lelah. Hal ini karena sebagian besar kandungan buah melon terdiri dari air dan elektrolit yang membantu Anda mencukupi kebutuhan cairan dan terhindar dari dehidrasi.

10. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat buah melon yang tidak kalah penting adalah membantu meningkatkan kesehatan tulang. Hal itu tidak lepas dari kandungan beragam nutrisi penting di dalamnya, seperti magnesium, folat, dan vitamin K yang menjadi komponen utama dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang.

11. Menurunkan tekanan darah tinggi

Salah satu manfaat buah melon yang paling utama adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Maka tidak heran jika buah melon seringkali dikaitkan sebagai buah yang cocok untuk penderita hipertensi. Hal itu dikarenakan buah melon rendah natrium, namun tinggi akan kalium.

  Untuk memperoleh manfaat buah melon, Anda dapat mengonsumsinya langsung sebagai camilan. Anda juga bisa menggabungkan buah melon dengan buah lain dan sayuran dalam sajian jus, salad, atau smoothies.

Related Posts

4 comments

  1. buah melon, udah sehat plus segernya dapet!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, paling nikmat kalau dimakan di siang hari.

      Delete
  2. Oh buah melon ternyata mengandung vitamin c

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, walaupun ngga sebanyak jambu biji dan pepaya.

      Delete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter