-->

Manfaat Bangun Pagi

  Jam berapa biasanya kamu bangun? Jam 7 atau jam 8 pagi? Untuk para pekerja, bangun pagi bukanlah hal yang sulit dilakukan, terlebih lagi jika mereka harus mengejar jadwal kereta atau bus yang digunakan sebagai transportasi. Namun, jangan hanya karena alasan ini saja kamu bangun pagi, bisa-bisa, jika kantor atau kampus sedang libur kamu akan bangun lebih siang. Padahal, bangun pagi memiliki manfaat untuk kehidupan kita.Padahal bangun pagi sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.



  Yang dimaksud bangun pagi adalah bangun antara pukul 4.30 sampai pukul 6.00. Sebenarnya banyak hal yang bisa kita dapatkan ketika bangun pagi. Udara yang masih sejuk dan segar harusnya membuat kita tetap semangat untuk bangun pagi. Ada banyak orang yang bekerja sampai malam hari dan tak terbiasa bangun pagi. Padahal bangun pagi memiliki beberapa manfaat tersendiri, terutama untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat bangun pagi.

1. Orang yang bangun pagi lebih bahagia

  Bahagia di sini bukan berarti merasa senang dalam waktu 15 menit setelah bangun pagi, melainkan membuat suasana hati seseorang lebih bahagia secara umum setiap hari. Penelitian menunjukkan bahwa manula cenderung lebih bahagia daripada anak-anak muda karena mereka lebih sering bangun pagi. Sementara anak-anak muda dan dewasa yang sering bekerja dan bermain hingga larut malam, dan jarang bangun pagi memiliki suasana hati yang lebih buruk setiap harinya.


2. Memiliki tubuh yang lebih sehat dan bugar

  Bangun pagi membuat orang lebih bersemangat untuk olahraga dan menghirup udara segar. Tentu saja, ini membuat tubuh mereka lebih bugar dan sehat. Kebanyakan orang yang sukses memiliki kebiasaan bangun lebih pagi. Olahraga dan menghirup udara segar di pagi hari bisa meningkatkan suasana hati dan memberikan energi untuk beraktivitas.


3. Lebih produktif

  Bangun pagi membuat seseorang lebih produktif. Hal ini karena orang yang bangun lebih pagi memiliki waktu untuk menyiapkan pekerjaan, sementara orang lain masih tertidur. Mereka memiliki waktu yang hening dan baik digunakan untuk berkonsentrasi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh profesor biologi di University of Education di Heidelberg menemukan bahwa orang yang bangun lebih pagi memiliki energi yang lebih banyak.


4. Membuat mental lebih sehat dan positif

  Orang yang bangun lebih pagi memiliki suasana yang lebih baik dan mental yang lebih optimis. Mereka juga lebih mudah merasa puas. Sementara itu orang yang terbiasa bangun di malam hari dan tidur di pagi hari, meski dikaitkan dengan kecerdasan dan kreativitas, cenderung memiliki suasana yang negatif seperti perasaan depresi dan pesimis.

5. Mempunyai pola makan sehat

  Bangun lebih siang berisiko melewatkan sarapan yang penting sebagai bekal memulai hari. Padahal, tubuh perlu nutrisi di pagi hari untuk energi dan memusatkan perhatian. Mengonsumsi sarapan setiap hari dapat menciptakan kebiasaan makan yang sehat. Sebab, sarapan pagi membuat perut merasa kenyang sepanjang hari. Akibatnya, kita terhindar dari keinginan mengonsumsi makanan tinggi gula dan kalori. Menurut penelitian yang dilakukan Northwestern University pada 2011, orang-orang yang tidur lebih larut dan bangun lebih siang mengonsumsi lebih dari 248 kalori per hari atau dua kali lebih banyak makanan cepat saji. Mereka juga hanya melahap setengah porsi buah atau sayur dari jumlah yang direkomendasikan.

6. Kebiasaan tidur yang baik

  Manfaat bangun pagi lainnya adalah dapat membiasakan rutinitas tidur. Dan itu baik bagi kesehatan. Untuk bangun lebih awal, tentu saja harus pergi tidur lebih cepat. The National Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa untuk tidur 7-9 jam setiap malam untuk kesehatan mental. Otak membutuhkan istirahat untuk mempertahankan daya ingat. Selain itu, tidur cukup juga mempengaruhi produksi hormon, seperti menurunkan kadar hormon grehlin dan menaikkan hormon leptin yang mengatur nafsu makan.

7. Jauh dari depresi

  Menurut penelitian yang diterbitkan jurnal Emotion pada 2012, manfaat bangun pagi lainnya adalah orang merasa lebih bahagia dan berpikiran positif. Berbeda halnya dengan orang yang sering telat bangun. Bangun lebih awal berarti bisa meluangkan waktu untuk diri sendiri. Baik itu untuk berolahraga, sarapan, atau menikmati waktu lebih banyak bersama keluarga.

  Tentu saja, tak semua orang bisa bangun pagi hari. Bisa jadi pekerjaan memaksa orang bangun hingga malam hari dan tidur di pagi hari. Namun, jika ingin mendapatkan manfaat bangun pagi, kamu sebaiknya mulai membiasakan diri untuk bangun lebih pagi, atau setidaknya menyempatkan diri bangun di pagi hari. Karena bangun pagi adalah cara menjaga kesehatan tubuh yang paling mudah dilakukan, contohnya kita dapat merasakan udara pagi dan sinar matahari yang baik bagi tubuh. Yuk mulai bangun pagi!

Related Posts

12 comments

  1. mantap gan memang harusnya seperti itu..

    ReplyDelete
  2. Brarti ane termasuk nih. Bangun jam 5 pagi terus he..he


    Sebuah kisah menarik
    Baca Kisah Hikmah Hutang Yang Lunas Dengan Bersholawat Semoga bisa Memotivasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan kalo bisa sebelum subuh trus solat berjama'ah

      Delete
  3. Suka bangun kesiangan padahal bangun pagi juga ada Manfaatnya soalnya sering tidur larut malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dikurangi begadangnya gan biar bisa bangun pagi. karena terlalu sering begadang juga tidak baik untuk kesehatan.

      Delete
  4. bangun pagi bagiku adalah mitos wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkw sekarang sudah tahu manfaatnya gan, jadi musnahkanlah mitosmu.

      Delete
  5. Besok harus bangun pagi nih ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan harus, udara pagi sejuk loo dan bagus untuk kesehatan.

      Delete
  6. Mantap sekali ini artikelnya kak, thaks yah

    calonseo com

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter