-->

Penyebab Penyakit Rematik


 Rematik merupakan penyakit yang memunculkan rasa sakit yang disebabkan karena otot atau persendian mengalami peradangan dan juga pembengkakan. Biasanya penyakit ini dianggap sebagai penyakit yang sering diidap orang usia lanjut. Rematik sendiri terbagi atas beberapa jenis dan bisa menjangkiti persendian mana pun di tubuh. Salah satu jenis rematik yang paling sering dialami yakni reumatoid artritis. Penyakit rematik ini justru bisa juga dialami oleh orang yang berusia muda dan lebih banyak menyerang wanita usia muda yang masih produktif.

  Reumatoid artritis adalah kondisi di mana kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan-jaringan sendi. Hal ini berakibat sendi-sendi yang terserang akan berpotensi mengalami peradangan. Rematik jenis ini biasanya memberikan gejala awal seperti nyeri dan kaku sendi yang sering muncul di pagi hari saat bangun tidur, merah dan terasa panas. Bahkan yang lebih parah sendi bisa menjadi bengkak. Sebagian orang ada yang mengeluhkan mengalami nyeri dan kaku yang sangat berat sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Makanya tak heran jika penyakit rematik memiliki potensi untuk mengganggu produktivitas orang di usia muda yakni usia 20-40 tahun. Biasanya sendi yang terkena adalah sendi-sendi kecil yang menyerang jari-jari tangan, kaki, lutut, dan kedua sisi tubuh kanan dan kiri, misalnya pergelangan tangan dan kiri.

 Penyebab Rematik

Sebenarnya penyebab rematik di usia muda jenis reumatoid artritis masih belum diketahui secara pasti, tapi ada 5 faktor yang bisa meningkatkan kemungkinan terkenanya reumatoid artritis. Berikut ini ada beberapa Penyebab Penyakit Rematik Di Usia Muda di antaranya :

1. Jenis kelamin

Penyakit rematik ini akan lebih banyak dialami oleh wanita dibandingkan dengan pria. Hal ini karena wanita itu memiliki hormon estrogen. Sehingga hormon ini dapat menimbulkan sistem imun yang tidak baik. Auto-imun sendiri yaitu kondisi dimana sistem imun salah mengenali dan akan menyerang pada jaringan tubuh sendiri. Sehingga imun yang seharusnya bertugas untuk melindungi tubuh, malah akan menyerang balik, sehingga akan menyerang sendi.

2. Genetika

 Penyebab rematik selanjutnya yakni karena keturunan. Bila kamu memiliki keluarga yang mengidap reumatoid artritis, bisa meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit ini juga.

3. Obesitas

 Orang yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) lebih rentan terkena berbagai macam penyakit, salah satunya penyakit radang sendi. Perlu diketahui, sendi seperti lutut dan pinggul bekerja untuk menopang berat badan. Sendi di bagian ini akan merasakan tekanan lebih besar ketika seseorang sedang beraktivitas. Obesitas bisa menyebabkan sakit atau radang pada sendi karena adanya beban atau tekanan berlebihan yang harus ditahan oleh sendi.

4. Faktor lingkungan

 Faktor lingkungan bisa membuat seseorang terkena reumatoid artritis karena berhubungan dengan kekuatan daya tahan tubuh. Faktor lingkungan bisa memicu infeksi oleh virus atau bakteri pada individu yang lemah secara genetik. Hal ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh salah arah dan menyerang tubuh sendiri, sehingga terjadi peradangan sendi. Beberapa hal yang diduga menjadi pemicu yakni terkena  paparan mineral silika dan penyakit periodontal kronis bisa meningkatkan risiko terkena reumatoid artritis.

5. Merokok

 Penyebab rematik yang terakhir adalah merokok. Dengan merokok, bisa memicu berbagai macam penyakit dan meningkatkan risiko terjangkit reumatoid artritis.

 Lakukanlah deteksi dini supaya rematik bisa mudah diatasi. Penting juga untuk menerapkan pola hidup sehat, dengan tidak merokok dan menerapkan pola makan sehat. Ditambah dengan rutin melakukan olahraga dan melakukan aktivitas fisik, karena persendian yang jarang digerakkan bisa membuat sendi menjadi  kaku. Bila sudah sering merasakan nyeri pada bagian sendi, jangan ragu untuk membicarakannya dengan dokter ahli. Karena dengan cepat mendeteksi keluhan yang dirasakan, tentunya reumatoid artritis bisa diminimalisir rasa sakitnya sehingga tidak mengganggu aktivitas kamu.

Related Posts

7 comments

  1. rematik....aduh. dulu pernah lihat ortu punya rematik. katanya sakit semua badan.
    terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan karena yang diserang tulang persendian. oke gan sama-sama

      Delete
  2. Ulasan bagus gan.

    jangan lupa kunjungi juga blog tentang akuntansi dan bisnis

    https://akupecintaakuntansi.blogspot.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter