-->

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh


 Siapa sih yang tak suka tidur siang? Kegiatan yang satu ini tak hanya dapat menghilangkan kantuk karena ada banyak manfaat tidur siang lainnya dari segi kesehatan.Tidur siang merupakan kegiatan yang sangat penting untuk semua orang, tidak hanya untuk anak-anak, namun juga untuk orang dewasa.

  Kerap kali, orang yang tidur siang dianggap sebagai pemalas atau label buruk lainnya. Padahal, tidur siang tidak seburuk itu. Banyak sekali manfaat tidur siang yang berguna untuk mental, pikiran, dan juga tubuh.

  Menurut penelitian, tidur siang jauh lebih efektif untuk mengatasi kelelahan dibandingkan menambah jam tidur pada malam hari. Saking bagusnya manfaat tidur siang bagi kesehatan, banyak praktisi kesehatan yang menganjurkan untuk tidur siang selama 30 menit saja per hari.

Berikut ini beberapa manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Produktivitas

Tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan dan performa motorik, sehingga kita merasa lebih berenergi saat bekerja. Panjang tidur siang kita menentukan manfaat yang dapat kita miliki.

Sebagai contohnya, tidur siang selama 20 menit sangat ideal untuk meningkatkan perhatian dan keterampilan motorik, sementara 60-90 menit tidur siang dapat menidurkan Rapid Eye Movement (RED), yang tentu saja dapat membantu membuat koneksi baru di otak dan membuat pemecahan masalah kreatif.

Atur alarm untuk membuat kita terbangun tepat waktu, jika kita tidur siang terlalu lama, kita malah akan merasa pusing sesudahnya.

 2. Mengurangi stres dan rasa tegang

Pekerja pasti sering merasakan stres. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur siang dapat membantu mengurangi dampak yang terkait dengan stres. Para peneliti menemukan bahwa tidur siang selama 30 menit dapat menutupi kebutuhan tidur saat kita hanya tidur selama 2 jam di malam hari. Selain itu, tidur siang juga dapat mengendalikan hormon stres pada tubuh yang diakibatkan oleh kurang tidur malam.

Tidur siang dengan teratur dapat membantu menurunkan rasa tegang, sehingga berpengaruh untuk mengurangi risiko penyakit jantung.Pastikan untuk tetap berpegang pada jadwal tidur siang optimal, yaitu antara pukul 13.00-15.00. Jangka waktu tersebut optimal karena kita diperkirakan telah melakukan ativitas makan siang, sehingga gula darah dan energi mulai menurun.

3. Meningkatkan daya ingat otak

Tidur siang itu bisa memperkuat daya ingat otak. Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa tidur siang selama 45 menit mampu meningkatkan daya ingat otak. Tentu ini sangat baik, khususnya bagi orang tua yang sudah lanjut usia.

Anak-anak pun dapat merasakan manfaat dari tidur siang. Tipsnya, setelah membaca buku pelajaran, cobalah biarkan anaknya tidur. Apa yang anak tadi pelajari akan lebih kuat nempel di memorinya.

4. Memperbaiki Mood

Tidur siang dapat menurunkan tingkat stress, lalu setelah tingkat stress turun akan ada kenaikan neurotransmitter serotonin dalam tubuh. Serotonin ini berguna untuk mengatur suasana hati, menghasilkan perasaan puas, dan kesejahteraan yang pada akhirnya akan memperbaiki mood.

5. Membuat Tubuh Lebih Segar

Tidur siang akan menambah porsi istirahat kita dalam sehari. Tentu ini baik, karena kalau kita kekurangan istirahat, khususnya tidur, akan menyebabkan kita kelebihan hormon kortisol.

Apa itu hormon kortisol? Hormon kortisol dikenal juga dengan hormon sress. Yang jelas, kalau kita kelebihan hormon itu, akan meningkatkan intoleransi glukosa dan lemak perut. Tidak hanya itu. Kelebihan hormon kortisol juga akan melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh. Maka, dengan beristirahat tidur siang, kita dapat mengurangi kadar hormon ini.

6. Meningkatkan Fungsi Indera dan Kreativias

Dengan kembalinya semangat, fungsi anggota tubuh kita diremajakan secara otomatis. Ini akan membuat pemikiran kita jadi jernih, sehingga kemungkinan mendapat ide baru lebih besar.

Tidur siang juga dapat meningkatkan kreativitas kita, karena otak yang telah diistirahatkan akan terbuka pemikiran dan wawasannya.
 
7. Meningkatkan Kewaspadaan

Setelah makan siang, kebiasaan kita adalah mengantuk. Tubuh terasa lemas. Kalau sudah begini, kita tidak akan bisa melakukan pekerjaan dengan maksimal. Cobalah untuk meluangkan waktu tidur siang beberapa menit saja.

Menurut sebuah studi di NASA, diketahui bahwa tidur siang 40 menit dapat meningkatkan kewaspadaan hingga 100%. Bahkan, 20 menit tidur siang jauh lebih efektif untuk meningkatkan kewaspadaan dibandingkan 200 mg kafein ataupun olahraga.

8. Mengatasi Insomnia

Bagi kalian yang mengalami insomnia atau gangguan kesulitan tidur di malam hari, mungkin kalian harus mencoba mengobatinya dengan tidur siang rutin.Dengan melakukan tidur siang, insomnia akan lebih teratasi. Insomnia adalah penyakit yang berbahaya. Gangguan insomnia dalam waktu lama pasti akan merusak kinerja tubuh dan bila tak diatasi dengan beristirahat di siang hari, bisa mengancam kesehatan kita. Tidak hanya merugikan diri sendiri, tetapi juga bisa berimbas pada orang lain.

Misalnya saat berkendara. Jika kita terkena insomnia, kelopak mata kita akan terasa berat di siang hari. Mengantuk saat mengemudi meningkatkan resiko kecelakaan. Tubuh perlu istirahat yang cukup. Jika hal sepele ini diabaikan, konsentrasi kita akan terganggu. Bersiap-siaplah dengan segala resikonya.

Tidur siang akan mengatasi insomnia karena kesusahan kita tidur malam tergantikan dengan istirahat tidur di siang hari.

9. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Keadaan tubuh akan menjadi tidak stabil. Detak jantung menjadi tidak normal kalau kita memaksakan untuk terus beraktivitas. Ketika sudah terasa mengantuk, istirahatlah. Apalagi bagi kalian yang terbiasa begadang, tentu harus memperbanyak alokasi tidur siang agar kekurangan waktu tidur di malam sebelumnya bisa tergantikan.

Jangan memaksakan diri dengan minum kopi atau minuman berenergi. Kafein atau minuman berenergi akan berakibat buruk jika terus menerus dikonsumsi. Karena seakan-akan kita merekayasa kelelahan.







Manfaat tidur siang ini akan langsung terasa bila kita rutin tidur siang sekitar 30 menit saja per harinya.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari tidur siang.

  Mulai sekarang, coba untuk melakukannya walau sebentar. Karena manfaatnya akan sangat besar bagi tubuh dan kesehatan. Fisik akan terasa lebih segar, kantuk berkurang, kinerja kognitif berangsur membaik selama 155 menit setelah tidur siang.

Related Posts

3 comments

  1. Untungnya sering banget tidur siang hehe makasih banyak infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan tidak usah lama-lama yang penting rutin. terima kasih sudah berkunjung..

      Delete
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter