-->

Manfaat Menangis Bagi Tubuh


  Kapan terakhir kalinya Anda menangis? Mungkin Anda mengeluarkan air mata setelah menonton film sedih, frustrasi pekerjaan, atau putus hubungan. Well, apapun alasannya, Anda tidak harus malu atau menyesal karena sudah menangis! Aksi tersebut sebenarnya memberi manfaat untuk kesehatan fisik dan mental Anda.

  Menangis merupakan ungkapan perasaan baik saat merasa sedih, terharu, ataupun bahagia. Orang yang sering menangis biasanya sering dicap sebagai sosok yang lemah dan cengeng. Biasanya laki-laki lah yang biasanya mendapat cap tersebut saat menangis. Sedangkan pada wanita, menangis dianggap sebagai hal yang wajar.

  Menurut banyak psikoterapis, menangis itu baik untuk kesehatan karena aksi tersebut bisa mengeluarkan energi negatif dari tubuh dan menggantikannya dengan energi positif yang baru. Karena itu, Anda tidak usah menahan air mata bila sedang emosi.

Jenis-jenis air mata

 Tubuh akan mengeluarkan 3 jenis air mata, dimana setiap air mata memiliki fungsinya masing-masing.

  • Air mata refleksAir mata ini keluar ketika mata kemasukan sesuatu. Air mata ini berfungsi untuk membersihkan mata dari debu, asap, ataupun partikel-partikel kecil.
  • Air mata kontinu/basal Air mata ini diproduksi secara terus-menerus untuk melubrikasi mata. Air mata ini mengandung lysozyme yang bermanfaat untuk melindungi mata dari iritasi dan infeksi. Selain itu, air mata ini juga akan melewati hidung untuk menjaga agar tetap lembab dan terhindar dari bakteri.
  • Air mata emosional Air ini dikeluarkan ketika muncul perasaan emosional. Air mata ini mengandung hormon-hormon yang diproduksi saat stres.


Manfaat Menangis

Selain untuk meluapkan perasaan, baik perasaan sedih maupun bahagia, menangis juga memiliki manfaat bagi tubuh baik secara fisik maupun mental. Berikut beberapa manfaat dari menangis, antara lain:

1. Menghilangkan stres

Menangis saat Anda stres merupakan salah satu cara terbaik untuk menyalurkan stres Anda dan memberikan Anda perasaan lega. Saat Anda menangis karena stres, sebenarnya tubuh juga sedang melepaskan hormon stres atau racun dari tubuh melalui air mata Anda yang menetes.
Saat Anda stres, senyawa kimia dalam tubuh Anda menjadi tidak seimbang. Sehingga, menangis dapat membantu mengurangi efek tersebut. Menangis dapat membantu melepaskan emosi, stres, dan ketegangan dari perasaan negatif, tekanan, dan frustasi yang terpendam dalam diri Anda selama ini.

2.Meningkatkan mood

Saat menangis, kadar mangan dalam tubuh akan berkurang. Mineral mangan dalam tubuh dapat mempengaruhi suasana hati, seperti perasaan cemas, sedih, gelisah, dan gangguan emosi lainnya. Kandungan hormon endorfin yang dikeluarkan saat menangis juga dapat membantu menurunkan perasaan cemas dan memberikan efek bahagia serta nyaman.

3.Melegakan perasaan

Menangis merupakan salah satu cara untuk meluapkan perasaan. Menangis biasanya dilakukan saat sedang frustasi, berkabung, atau sedang dalam kondisi buruk. Setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega dan suasana hati akan menjadi lebih baik.

4. Meningkatkan penglihatan dan melindungi mata

Air mata yang keluar dari mata Anda dihasilkan oleh kelenjar lakrimal. Air mata ini mampu membantu Anda membersihkan mata dari debu-debu, mencegah iritasi pada mata, dan menjaga mata Anda agar tetap lembab. Sehingga, air mata dapat menjernihkan penglihatan Anda. Menangis juga dapat mencegah membran mukosa pada mata agar tidak mengalami kekeringan atau dehidrasi. Kekeringan pada mata dapat membuat mata rentan terhadap serangan bakteri.

Dalam air mata terkandung antibakteri yang disebut dengan lisozim. Lisozim ini dapat membunuh bakteri tertentu dengan cara menghancurkan dinding sel bakteri. Sehingga, dengan adanya air mata yang selalu membasahi daerah sekitar mata Anda (disebut dengan air mata basal), mata Anda akan terus terlindungi dari berbagai benda asing.

Related Posts

5 comments

  1. lupa entah apa saja alasannya setelah nangis tersedu2 sendirian di kamur lalu aku tidur, sebangun tidur, rasanya PLONG.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener gan. habis dikeluarkan semua air matanya rasanya lanngsung plong.

      Delete
  2. wah ternaya menangis ada banyak manfaat nya juga ya

    thanks

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter