-->

Manfaat Air Kelapa Dalam Berbagai Masakan


 Sebagai negara yang berada di area tropis, Indonesia merupakan negara yang memiliki pasokan kelapa yang cukup melimpah. Karena banyaknya kelapa, tidak heran jika kemudian kelapa dimanfaatkan sebaik mungkin sebagai salah satu bumbu atau bahan makanan.

  Salah satu bagian kelapa yang sering digunakan di dalam masakan adalah air kelapa. Umumnya santan adalah bahan dari kelapa yang sering dipakai, tapi bagaimana dengan air kelapanya sendiri yang bening? Apa sebenarnya manfaat air kepala dalam masakan?

1. Memperkaya rasa

Air kelapa memiliki rasa manis alami. Dibandingkan menggunakan lebih banyak gula, ada baiknya menambahkan air kelapa segar sebagai pengganti gula. Meski memang tidak serta merta menggantikan gula, namun menambahkan air kelapa ke dalam masakan seperti kare, gulai, opor atau berbagai masakan berkuah lainnya akan memperkaya rasa makanan.

2. Tambahan Rasa Gurih

Selain rasa manis, air kelapa muda juga memberikan rasa gurih. Memang tidak terlalu kuat, tapi cukup untuk membuat anda ketagihan!

Tipsnya adalah ganti air yang digunakan untuk memeras santan dengan air kelapa muda. Tips ini bisa anda aplikasikan pada resep sayur lodeh, nasi uduk, soto, dan opor ayam. Dijamin, kuahnya lebih gurih dan mantap!

3. Meningkatkan Aroma Masakan

Selain tingkatkan ketajaman rasa, air kelapa muda juga mampu tingkatkan ketajaman aroma masakan. Maka dari itu, masakan apapun yang menggunakan air kelapa muda akan lebih wangi. Contohnya saat menggunakan air kelapa pada olahan nasi kuning, tempe bacem, dan puding. Anda pasti akan kaget karena wangi masakan yang lebih harum dan menggoda!

4. Menghilangkan Bau Amis

Setali dengan meningkatnya aroma masakan, bau amis dari masakan pun hilang. Plus, daging akan lebih legit bila direndam air kelapa muda.

Sebut saja daging kambing yang berbau prengus. Cukup direndam selama 30 menit dengan air kelapa muda, bau tersebut akan hilang. Dan khusus untuk ikan, cukup cuci atau rendam selama 2 menit saja karena kalau terlalu lama daging bisa hancur saat dimasak.

5. Mengempukan Daging

Daging yang alot dan liat bisa diatasi dengan penggunaan air kelapa muda. Efeknya, daging jadi empuk dan mengurangi waktu memasak.

Rendam daging tersebut selama 15-30 menit dengan air kelapa muda. Contohnya, adalah daging yang susah empuk seperti bebek, sapi, dan kambing. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai pengganti air ungkep untuk ayam goreng. Pasti daging lebih lembut!

  Nah itu tadi manfaat air kelapa dalam berbagai masakan. Jadi, jangan dibuang jika membeli kelapa utuh, karena air kelapa segar sangat bisa dimanfaatkan untuk keperluan memasak.Masakan jadi lebih wangi, kaya rasa dan legit, masakan pun siap menjadi primadona. Kuy, dicoba!

Related Posts

There is no other posts in this category.

11 comments

  1. artikel yang sangat bermanfaat
    jangan lupa berunjung ke apalagi23.com

    ReplyDelete
  2. Mantap Stah dirumah gwe banyak kelapašŸ˜

    Ditunggu kunjungannya

    Salam calonbarbar.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Mantap slur, enak airnya di minum aje

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkw iya lurr seger, kalau airnya lebih bisa juga buat bumbu masakan

      Delete
  4. iya kelapa memang pohon seribu manfaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan dari atas sampai bawah hampir bermanfaat semua..

      Delete
  5. air kelapa di tambah telor ayam kampung itu obat sakit dalam gan, terima kasih info yang lainnya, bermanfaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih masukannya gan, menambah pengetahuan baru..

      Delete
  6. artikelnya bagus, banyak kosa katanya dan penjelasannya singkat.mantap gan...

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter