-->

Manfaat Meditasi untuk Kesehatan

  Ketika berbicara tentang meditasi, sebagian masyarakat biasanya akan langsung mengaitkan kegiatan tersebut dengan hal-hal yang berbau mistis dan supranatural. Bahkan sampai detik ini pun masih ada lho beberapa orang yang hanya menganggap meditasi sebagai sebuah bentuk cara beribadah dari penganut agama tertentu  saja. Padahal, jika dipelajari lebih lanjut, sesungguhnya meditasi itu jauh melampaui paradigma-paradigma sempit seperti diatas.

  Saat cemas dan stres, meditasi jadi salah satu cara paling mudah untuk mengatasinya. Walaupun terlihat duduk diam, tidak melakukan apa pun, dan tidak mencemaskan apa pun, meditasi ternyata memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh, baik itu fisik dan juga mental.



Apa itu Meditasi?

  Meditasi adalah latihan mental yang menyertakan relaksasi, fokus, dan kesadaran. Meditasi bagi pikiran adalah latihan fisik bagi tubuh.

  Kamus Cambridge mendefinisikan meditasi sebagai “tindakan memberikan perhatian Anda hanya pada satu hal, baik sebagai aktivitas agama atau sebagai cara untuk mendapat ketenangan” atau “berpikir serius atau studi, atau hasil dari aktivitas ini.”

  Jadi, meditasi dapat melibatkan fokus, rileks, perenungan atau ekspresi.

Manfaat Meditasi untuk Kesehatan

  Meditasi tidak hanya dapat menenangkan jiwa, namun ada berbagai manfaat meditasi untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan, di antaranya:

1. Mengurangi stres

Kita semua pasti mengalami stres dan meditasi adalah salah satu cara paling efektif untuk menangani atau bahkan menghilangkan stres.

Manfaat meditasi membuat kita terasa damai dan relaksasi yang mendalam. Jika berlatih meditasi, Anda akan merasa lebih sehat, memiliki lebih banyak energi dan merasa lebih baik secara emosional. Anda juga akan terlihat lebih baik secara penampilan, seperti kulit yang tampak lebih halus, berkat peningkatan oksigen dan peredaran darah yang lancar.

2. Mengatasi rasa cemas

Anda mungkin pernah mengalami atau bahkan sedang merasa cemas, untuk itu cobalah atasi dengan meditasi, yang pasti menenangkan pikiran dan mengurangi stres. Manfaat meditasi juga mengurangi gejala gangguan kecemasan, seperti fobia, kecemasan sosial, paranoid, perilaku obsesif-kompulsif, dan serangan panik.

3. Melawan depresi

Stres jangka panjang tanpa perawatan bisa berakhir dengan depresi. Meditasi yang memberikan ketenangan dan kenyaman sehingga dijadikan terapi untuk melawan depresi.

4. Meningkatkan kesehatan mental

Berfokus pada hati dalam meditasi akan benar-benar menenangkan pikiran. Anda akan mengalihkan perhatian dari pikiran-pikiran cemas dan ‘obrolan’ mental dan fokus daripada perasaan penghargaan dan rasa syukur dari hati Anda sendiri.

5. Membantu melawan kecanduan

Disiplin mental yang dapat dikembangkan melalui meditasi dapat membantu mengatasi ketergantungan, dengan meningkatkan kendali diri dan kesadaran terhadap penyebab perilaku adiktif.

Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat meditasi dapat membantu orang belajar mengendalikan perhatian mereka, meningkatkan kemauan, mengendalikan emosi dan impuls, serta meningkatkan pemahaman tentang penyebab di balik perilaku adiktif.

6. Meningkatkan fokus

Dikutip dari situs healthline, sebuah studi menunjukkan bahwa para pekerja yang kerap melakukan meditasi ternyata mampu berfokus lebih lama. Bahkan mereka juga dapat mengingat detail dari pekerjaan mereka lebih baik daripada mereka yang tidak mempraktikkan meditasi.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Stres, depresi, dan kecemasan bisa membuat Anda jadi sulit untuk tidur. Kondisi mental yang buruk ditambah dengan tubuh yang kurang istirahat semakin memperparah keadaan. Walaupun bisa diatasi dengan obat tidur, penggunaan pil sering kali menyebabkan efek samping yang merugikan. Untuk itu, meditasi dianggap cara paling aman untuk mengatasi insomnia.

8. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi bisa membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Akibatnya, fungsi jantung semakin buruk dan risiko terkena penyakit jantung seperti aterosklerosis (penyempitan arteri jantung), serangan jantung, dan stroke jadi lebih besar.

Meditasi dapat mengurangi ketegangan pada jantung sehingga tekanan darah akan menurun. Saat tubuh melepaskan ketegangan, sinyal saraf yang mengoordinasikan fungsi jantung dan ketegangan pada pembuluh darah jadi lebih terkontrol.

9. Memperkuat daya ingat

Semakin bertambah tua, fungsi otak akan jadi menurun. Meditasi yang menggabungkan nyanyian dan gerakan berulang dapat melatih konsentrasi seseorang. Sebanyak 12 penelitian menunjukkan bahwa meditasi bisa meningkatkan perhatian dan daya ingat dan konsentrasi para lansia.

Related Posts

10 comments

  1. apakah sama meditasi dengan teknik pernafasan ya ?
    pernah belajar dulu di perguruan pencak silat

    ReplyDelete
  2. mantap nih artikelnya.

    di tunggu kunjungannya di duniaitdangame.com

    ReplyDelete
  3. Meditasi dan Menglolah pernafasan, waktu tengah malam itu nikmat bro, tidak ada kebisingan. Hahaha

    ReplyDelete
  4. ternyata banyak juga ya manfaat nya mediasi, hehe nice infoh
    salam edukasibahasainggris

    ReplyDelete
  5. Wahh khasiatnya banyak juga ya .. biar selalu sehat. Aku mau meditasi lah setidaknya seminggu sekali.hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan kalau bisa di sepertiga malam terakhir sesudah solat tahajud. saat suasana tenang, hening, dan sejuk..

      Delete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter