-->

Mengapa Ayam Tidak Bisa Terbang ?

Mungkin dulu waktu kamu masih kecil, pernah dengar dongeng tentang kisah mengapa ayam tidak bisa terbang. Ayam tidak bisa terbang karena ayam sangat sombong dan berbuat curang dalam perlombaan terbang dengan elang.

Ayam kemudian tersambar petir dan dicabut kemampuan terbangnya oleh Tuhan. Tentu kisah ini hanya dongeng belaka.



Anda pasti bertanya-tanya, mengapa ayam yang mempunyai kedua sayap tapi tidak bisa terbang? Begitupun dengan saya pasti bertanya-tanya dan pasti membandingkan dengan burung yang sama-sama punya sayap tapi burung bisa terbang.

Coba kita perhatikan, ayam bukannya sama sekali tidak bisa terbang. Ia sesekali bisa mengangkat tubuhnya dengan kepakan sayap, tapi tidak bisa membawa tubuhnya lebih tinggi alias tidak bisa terbang seperti burung. Penyebabnya adalah karena ayam memiliki tubuh yang lebih besar dari sayapnya.

Ayam memiliki struktur dan bulu sayap yang berbeda dengan burung. Ayam memiliki perbandingan ukuran sayap (ketika dibentangkan) terhadap berat dan ukuran tubuh yang tidak proporsional.

Dengan kata lain, badan ayam terlalu besar jika dibandingkan dengan ukuran sayapnya, sehingga dengan otot yang kuat sekalipun, ayam tetap tidak dapat terbang.

Berbeda dengan burung. Burung memiliki struktur sayap yang lebar, susunan bulu-bulu yang rapat dan kuat, serta ukuran tubuh yang kecil dan lebih ringan. Dengan tubuh seperti itu, burung akan dengan mudahnya mengangkat tubuh dengan kepakan sayap.

Ada juga beberapa burung yang punya sayap yang kecil, burung kolibri salah satu contohnya. Namun, getaran sayap burung kolibri sangat cepat sehingga tidak terlihat oleh mata. Jika ayam bisa mengepakkan sayap secepat burung kolibri, mungkin ayam juga bisa terbang setinggi burung.

Sayangnya, ayam tidak bisa mengepakkan sayap dengan super cepat seperti kolibri. Bulu ayam tidak melekat di tubuhnya sekuat burung dan gampang rontok. Kalau ayam mengepakkan sayapnya secepat burung kolibri, bisa rontok semua bulunya.

Nah, itulah alasan mengapa ayam tidak bisa terbang walaupun memiliki sayap. Semoga menambah pengetahuan anda.

Related Posts

4 comments

  1. Kalo ayam sama telur duluan mana gan? Hehe

    Kunjungi balik ya ke zonetutorialaem72.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti duluan ayam gan hehe
      oke gan siap

      Delete
    2. kalau ayam hutan bisa terbang gan,ane sering lihat.bahkan bisa setinggi pohon kelapa.

      salam www.teknologivirals.online
      10BW

      Delete
    3. waah ane malah baru tau gan ayam hutan bisa terbang, sering main ke hutan tapi blum pernah liat ayam hutan terbang.
      mungkin karena faktor alam atau mungkin juga untuk menghindari serangan hewan buas.
      oke gan thank's sudah mampir.

      Delete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter