-->

Fungsi Sajadah Dalam Sholat



Salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh orang Islam adalah Sholat. Karena itu perlu kiranya apabila kita menggunakan Sajadah untuk alas dalam sholat. Dalam ajaran agama Islam sudah tertulis bahwa mereka yang sudah baligh wajib menunaikan ibadah sholat. Meskipun tempat sujud nya nanti tidak beralaskan Sajadah. Tidak jadi masalah karena yang terpenting adalah sholat itu sendiri bukan Sajadah nya, tapi Sajadah menjadi penting apabila khawatir dengan lantai yang kita tempati, maka Sajadah perlu di gunakan.

Lebih dari itu ada beberapa ketentuan dalam menjalankan sholat seperti harus dalam keadaan yang suci. Harus berwudhu terlebih dahulu, ditempat yang suci dan antara perempuan dan laki-laki ada ketentuan bagaimana menggunakan perlengkapan sholat, termasuk tidak boleh antara laki-laki dan perempuan menggunakan Sajadah yang sama secara bersamaan dalam waktu sholat berjamaah. Meskipun sudah suami istri tapi mereka tidak boleh menggunakan satu Sajadah saja, tapi harus dua Sajadah. Untuk membuat shof yang bagus dalam sholat berjamaah.

Seperti yang telah disinggung diatas bahwa penggunaan Sajadah sebenarnya tidak bersifat wajib sebagai alas Sholat bagi orang Islam. Apabila kita perhatikan, penggunaan untuk sebagian orang hanya bersifat kebiasaan yang selalu dilakukannya pada saat melaksanakan Sholat 5 kali dalam sehari.

Sejak jaman Nabi Muhammad SAW penggunaan sajadah tidak banyak dipersoalkan karena memang mereka sudah terbiasa menggunakan sajadah alam alias padang pasir terbuka. Kalaupun mereka harus menggunakan alas, mereka biasanya menggunakan syal (penutup leher) sebagai Sajadah.
Seiring dengan majunya teknologi dan peradaban di negara Arab, pembuatan karpet menjadi salah satu produk yang sangat umum digunakan. Penggunaan karpet awalnya digunakan sebagai alas rumah, setelah itu mulailah karpet dbuat juga untuk alas Sholat.

Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, penggunaan Sajadah sudah menjadi hal yang sangat umum. Semua tempat ibadah, baik Masjid maupun Mushalla, menggunakan Sajadah sebagai alas Sholat.

Sajadah merupakan benda yang dimiliki setiap rumah terutama orang muslim. Sajadah biasanya digunakan sebagai alas saat sholat yang berukuran sekitar 80x120 cm. Kata dari sajadah berasal dari kata Bahasa Arab yang terdiri dari akar kata 'sajada' yang memiliki arti sebagai 'sujud'. Jadi fungsi utamanya adalah sebagai alas sujud saat sholat.

Mungkin menggunakan sajadah saat sholat dianggap bukan hal wajib, dan hanya kebiasaan untuk beberapa orang. Padahal menggunakan sajadah sebagai alat sholat sangat dianjurkan karena memiliki beberapa keutamaan.

Berikut beberapa fungsi sajadah yang tidak disadari beberapa orang :

1. Alas dari najis

Sebagai alas, jelas sajadah berfungsi untuk menghalangi sesuatu dan salah satunya adalah najis. Tidak hanya diluar rumah, di dalam rumah juga sering ada najis yang kadang kita tidak tahu letaknya. Najis yang dimaksud seperti kotoran cicak, tikus sampai urin anak kecil saat ngompol.

2. Pembatas dari najis

Perlu diketahui bahwa walaupun letak najis itu cukup jauh dari jangkauan kita saat sholat, namun selama kita tidak menggunakan alas sholat/sajadah tetap itu dianggap najis untuk kita. Fungsi sajadah ini seakan menjadi pembatas tak terlihat dari najis tersebut.






3. Alas dari panas

Kegiatan sholat tidak hanya dilakukan di dalam rumah untuk beberapa kali kita melakukannya di luar rumah pada tanah lapang. Seperti saat kita melaksanakan sholat Idul Fitri atau Idul Adha yang biasanya dilaksanakan di lapangan bahkan dijalanan depan masjid. Pada cuaca terik jelas panasnya tanah atau aspal akan membuat sholat kita tidak khusyuk. Oleh karena itu kita harus menggunakan alas sholat/sajadah.

4. Sajadah Mampu menjadi tempat sujud terbaik
Dengan menggunakan sajadah kita berarti telah memisahkan antara bagian bawah dengan yang lebih bersih. Dengan menggunakan sajadah kita bisa sujud dengan baik karena memang posisi terbaik adalah sujud dimana kita bisa benar-benar melepas semua kepenatan yang ada.

5. Sebagai Titik Fokus.
Mungkin ada beberapa orang yang sholat menggunakan baju atau pakaian yang bergambar atau bertuliskan mencolok. Secara tidak langsung hal tersebut membuat beberapa orang tertarik untuk melihat dan membacanya. Nah, inilah salah satu penting nya menggunakan sajadah,. Karena dengan menggunakan sajadah kita bisa jadi lebh fokus ke tempat sujud yang ada sajadah nya tanpa perlu memerhatikan hal lain yang membuat beribadah jadi kurang fokus. Biasanya orang menganjurkan untuk melihat satu titik tepat di atas kubah masjid yang biasanya ada di gambar atau motif sajadah yang di gunakan. Tapi tergantung sajadah nya juga, dia menggunakan sajadah motif apa.

Mungkin itulah beberapa Fungsi Sajadah Dalam Sholat yang saya ketahui. Semoga beberapa fungsi sajadah ini berguna bagi kita.

Related Posts

There is no other posts in this category.

3 comments

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter