-->

Manfaat Air Cucian Beras

Sebagai makanan pokok, pastinya beras selalu merupakan menu wajib sehari-hari. Sebelum dimakan, beras dicuci terlebih dahulu lalu diproses menjadi nasi. Air cucian beras selama ini langsung dibuang begitu saja, padahal air cucian beras memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.



Untuk mendapatkan kulit yang bening dan cerah seringkali banyak wanita mencoba berbagai produk pemutih kulit yang harganya cukup mahal. Sebenarnya untuk mendapatkan kulit yang bening dan cerah tersebut tidak butuh uang yang banyak, lho, karena Anda bisa memanfaatkan air beras.

Sebelum mengetahui manfaat lebih lengkap untuk kulit, simak apa saja yang terkandung dalam beras. Beras mengandung beberapa zat yang dapat digunakan untuk kecantikan, kandungan yang ada dalam beras tersebut biasa disebut dengan oryzanol. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk menangkal sinar ultaviolet ke dalam kulit sehingga sangat baik bagi kesehatan kulit.

Air beras penuh dengan vitamin, mineral dan asam amino yang penting untuk rambut dan kulit yang indah, termasuk asam ferulat, antioksidan kuat, dan allantoin, yang mengandung sifat anti-inflamasi.

Inilah beberapa manfaat air cucian beras untuk kecantikan kulit yang tak boleh kamu lewatkan!

1. Pembersih wajah

Menggunakan air beras untuk membersihkan wajah sesederhana mencelupkan bola kapas atau pad ke dalam cairan dan dengan lembut memijatnya ke dalam kulit selama beberapa menit. Biarkan wajah kering untuk memastikannya benar-benar menyerap. Lakukan secara rutin akan menghasilkan kulit terasa lembut, kencang, dan bercahaya. Gunakan setiap hari sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit Anda.

2. Perawatan jerawat

Tak hanya mencerahkan kulit, air beras juga membantu menyembuhkan jerawat dan mendinginkan kulit. Air beras berfungsi sebagai astringent pada kulit, mengencangkan pori-pori. Air beras mengandung allantoin, sehingga dapat mengurangi produksi minyak berlebih yang menjadi salah satu penyebab jerawat.

3. Untuk kulit yang teriritasi

Oleskan air beras pada ruam atau peradangan kulit lainnya untuk menenangkannya secara alami. Sebuah studi dermatologis pada pasien dengan dermatitis atopik menyatakan, bahwa mandi dengan air beras dua kali sehari selama 15 menit dapat memperbaiki kondisi secara signifikan.

4. Meredakan radang pada kulit

Air beras juga digunakan untuk meredakan radang dan kulit yang terbakar. Ini akan membantu kulit pulih dengan cepat dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Air beras yang dingin lebih disukai untuk kulit.

5. Jika wajahmu selalu mengilap bak kilang minyak, air cucian beras bisa jadi solusinya

Manfaat air cucian beras untuk mengontrol kelebihan minyak di kulit ini juga sama ampuhnya seperti halnya membersihkan wajah. Cara penggunannya pun sangat mudah, sisihkan saja air beras yang sudah bersih bekas mencuci beras untuk dimasak. Cuci wajah terlebih dahulu dengan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Lalu, cuci kembali wajah dengan air beras yang sudah disiapkan. Diamkan air cucian beras di wajah sekitar 5-10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

6. Memudarkan flek hitam dan bikin kulit bercahaya

Nggak semua orang cocok pakai kosmetik atau skin care demi mendapatkan kulit yang bercahaya dan menghilangkan flek hitam di wajah. Nah, jika kamu termasuk salah satunya, yang punya kulit sensitif dan nggak selalu cocok dengan kosmetik yang tersedia di pasaran, mencuci muka dengan air cucian beras bisa jadi solusinya. Lakukan saja cara seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Secara bertahap, kulit muka akan menjadi lebih bercahaya dan flek hitam pun akan semakin memudar. Karena nutrisi penting dan protein di dalam air beras dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

7. Air cucian beras punya bahan pemutih alami yang berkhasiat sebagai pencerah kulit

Untuk memutihkan kulit wajah dengan cepat, nggak perlu lah membeli krim-krim pemutih yang belum tentu cocok untuk wajahmu. Lakukan saja treatment ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Bukan hanya lebih cerah, kulitmu juga akan terasa jauh lebih halus dan lembut.
Cuci beras dengan air di dalam wadah, saring beras dan cuci kembali sampai air yang didapatkan benar-benar bersih. Simpan air bekas saringan tersebut ke dalam wadah lain dan biarkan semalaman sampai bagian tepung beras mengendap dari airnya. Esok paginya, pisahkan endapan maupun air dalam wadah berbeda. Gunakan endapan sebagai scrub di wajah kemudian bilas wajah menggunakan air beras, diamkan sampai kering lalu bilas dengan air bersih.

Itulah beberapa manfaat air bekas cucian beras untuk kulit wajahmu. Jadi, jangan buang dulu air bekas cucian berasmu ya.

Related Posts

There is no other posts in this category.

11 comments

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter