-->

Bahan Alami Untuk Mengobati Penyakit Cacingan


 Cacingan merupakan salah satu penyakit yang umum dialami oleh anak kecil. Penyakit ini mengacu pada kondisi di mana spesies cacing menembus kulit dan masuk ke dalam tubuh. Anak kecil banyak terkena penyakit ini biasanya karena belum bisa menjaga kebersihan diri sendiri. Namun, tidak dipungkiri bahwa orang dewasa juga dapat mengalami cacingan.

  Penyakit satu ini dapat dikenal dari beberapa gejala yang jelas seperti kurus namun perut agak buncit, berat badan tidak baik meski nafsu makan normal, biasanya pada anak-anak sering gelisah di malam hari dan menggaruk pantat karena gatal pada bagian anus. Selain itu, diare, gangguan lambung, atau sulit buang air besar bisa jadi tanda-tanda cacing di tubuh kalian.

  Untuk mengatasi penyakit ini, dokter biasanya akan meresepkan obat cacing sesuai umum dan gejala yang ada. Namun, meskipun obat mungkin dapat menyembuhkan cacingan secara efektif, namun tidak ada salahnya jika Anda juga mengonsumsi beberapa ramuan sehat untuk mematikan serta mengeluarkan cacing dari tubuh Anda. Nah, apa saja bahan alami untuk mengobati penyakit cacingan?

1. Wortel

Wortel dikenal sebagai sayuran yang baik untuk mata karena kandungan vitamin A yang tinggi. Rupanya vitamin A juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan parasit seperti cacing. Serat yang ada pada makanan ini juga dapat mendorong sistem pencernaan agar bisa berfungsi dengan baik.

Jus wortel bisa jadi olahan yang tepat untuk mengobati cacingan. Selain itu, Anda bisa membuat sup wortel untuk sarapan di pagi hari. Cara ini dapat digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa yang sedang terjangkit cacingan.

2. Air garam
 
Bahan alami untuk mengobati penyakit cacingan yang kedua adalah air garam. Jika meminumnya secara teratur, hal ini dapat membantu cacing untuk keluar dari tubuh. Tak hanya itu, air garam dapat pula membantu dalam menyembuhkan diare.

3. Kulit mangga
 
Bahan alami untuk mengobati penyakit cacingan yang ketiga adalah kulit mangga. Pasalnya, daya antelmintik pada kulit mangga dapat membantu dalam mencegah penyakit cacing, terutama pada anak. Tak hanya itu, antelmintik juga ampuh dalam membunuh bakteri, kuman, dan larva cacing di dalam perut Anda. Untuk membuatnya, Anda cukup merebus kulit mangga selama 15 menit, lalu meminum air rebusan tersebut. Lakukan hal ini secara rutin hingga cacing keluar dari tubuh.

4. Biji Pepaya Matang

Selain kulit mangga, bagian buah yang sering dibuang namun rupanya memiliki manfaat besar adalah biji pepaya matang. Kandungan di dalamnya seperti carpaine, hentriacontane, caricin, benzylisothiocyanate, benzylthiourea, benzylglucosinolate, sitosterol dan glucotropacolin merupakan bahan penting untuk membunuh parasit yang menyebabkan cacingan. Peradangan yang disebabkan oleh perkembangan cacing dan telurnya juga dapat sembuh.

Keringkan terlebih dahulu biji pepaya untuk memanfaatkannya menjadi obat cacing. Lalu haluskan dan campur dengan susu atau air hangat. Minum di pagi hari selagi perut masih kosong.

5. Daun pepaya
 
Bahan alami untuk mengobati penyakit cacingan yang selanjutnya adalah daun pepaya untuk mengobati cacing kremi, yang sering menginfeksi sistem pencernaan Anda. Bahan yang Anda perlukan adalah 1 lembar daun pepaya, serta 15 gram akar pohon bunga melati. Untuk membuatnya, Cucilah kedua bahan hingga bersih. Rebus kedua bahan dengan 600 cc air, sisakan 300 cc air rebusannya. Minum air rebusan selagi hangat, dan lakukan secara teratur 2 kali sehari untuk hasil yang optimal.

6. Bawang Putih

Bumbu dapur yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan adalah bawang putih. Salah satu manfaatnya yang tidak banyak diketahui orang adalah mengatasi cacingan. Kandungan asam amino yang mengandung berelah di dalamnya bersifat anti-parasit. Hal tersebut efektif membunuih mikroba di dalam tubuh.

Bagi orang dewasa, kalian bisa langsung mengonsumsi dua hingga tiga siung bawang putih saat perut kosong setiap harinya. Lakukan secara rutin selama satu minggu. Namun, hal tersebut mungkin sulit untuk anak-anak, para ibu bisa mengiris bawang putih dan di masukkan ke dalam susu atau minuman.

7. Jus Pare

Banyak orang yang tidak menyukai pare karena rasanya yang pahit. Namun, makanan satu ini dapat membunuh cacing di dalam perut karena mengandung racun alami yang tidak berbahaya. Rasa pahit itulah yang membantu mencegah pertumbuhan cacing dan telur.

Cara membuatnya mudah. Anda bisa mengolahnya menjadi jus. Jika tidak tahan dengan rasa pahitnya, Anda dapat menambahkan bahan alami lainnya seperti madu dan gula aren.

8. Teh Cengkeh

Bahan alami lainnya adalah cengkeh. Bumbu dapur satu ini mampu mengeluarkan semua telur dari tubuh cacing. Untuk obat cacingan, biasanya cengkeh digunakan pada orang dewasa. Namun, anak-anak juga dapat mengonsumsinya dengan jumlah terbatas.

Obat ini diperoleh mencampurkan biji cengkeh dengan air panas. Kemudian diamkan hingga suhu air mengjadi hangat dan saring. Minum air tersebut saat masih hangat. Jika terasa pahit, Anda bisa menambahkan madu.

Related Posts

1 comment

  1. ternyata banyak ya buah2an atau sayur2an untuk mengobati cacingan, jika ada yang alami kenapa pakai yang kimiawi, hehe. nice shering bro

    edukasibahasainggris

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter