-->

Manfaat Senam Aerobik


  Senam aerobik adalah serangkaian gerakan yang dilakukan beriringan dengan irama musik yang dilakukan dalam durasi waktu tertentu. Gerakan senam aerobik dilakukan untuk melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung meningkat. Tidak seperti tarian, gerakan senam aerobik selaras namun tidak terpaku oleh musik yang mengiringinya.

  Terdapat beberapa jenis senam aerobik yang bisa kamu pilih. Salah satu yang favorit yang dipilih ialah zumba. Olahraga ini diiringi musik salsa yang menggabungkan jenis tarian salsa, samba, dan hiphop. Terdapat pula beberapa gerakan seperti jumping jacks, squats dan lungers.

   Senam aerobik mampu membakar kalori di dalam tubuh. Kegiatan olahraga ini sangat digemari tidak saja oleh wanita tetapi juga pria.

Manfaat Senam Aerobik

  Setiap olahraga tentunya memiliki manfaat umum yaitu untuk menjaga kebugaran tubuh. Tetapi setiap olahraga juga tentunya memiliki manfaat spesifiknya tersendiri jika dilakukan secara rutin. Berikut adalah beberapa manfaat senam aerobik jika dilakukan secara rutin:

1. Menurunkan Berat Badan

Setiap olahraga yang kita lakukan mampu berperan dalam menurunkan berat badan. Senam aerobik ini menggerakkan seluruh badan dengan durasi yang cukup panjang. Melakukan senam aerobik dan yang disertai dengan menjaga asupan energi dapat menurunkan berat badan secara efektif.

Disamping itu, bukan berarti senam aerobik tidak dapat dilakukan oleh orang yang kurus. Banyak wanita kurus yang melakukan senam aerobik untuk membentuk tubuh. Kamu bisa membentuk tubuh yang lebih ideal dengan melakukan olahraga khususnya aerobik.


2. Menambah Stamina Tubuh. 

Kamu pasti pernah merasa sangat lelah dan kehabisan energi karena harus mengerjakan banyak tugas. Kalau staminamu tidak prima, maka kamu akan mudah sakit. Senam aerobik merupakan latihan yang bisa menambah stamina dan ketahanan tubuhmu.

3. Meningkatkan Fungsi Jantung

Manfaat senam aerobik selanjutnya adalah dapat meningkatkan fungsi jantung. Gerakan-gerakan dalam aerobik dapat meningkatkan denyut dan menstabilkan irama jantung. Hal ini membuat jantung akan lebih sehat dan badan pun merasa lebih bugar.

4. Menurunkan Kolesterol

Dengan meningkatnya fungsi jantung membuat oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh akan lebih banyak. Hal ini membuat lancarnya peredaran darah dan membuat kolesterol jahat tidak menumpuk dalam pembuluh darah.

5. Membentuk Tubuh

Gerakan pada senam aerobik ini terpusat pada anggota tubuh bagian bawah, otot-otot pinggul, perut, paha, bokong, dan tangan. Ini semua akan membuat pembakaran lemak yang membentuk tubuh lebih ideal. Hal ini membuat para wanita lebih tertarik mengikuti kelas senam aerobik untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal.

6. Mengurangi stres

Senam aerobik juga dapat mengurangi stres dan membuat kita lebih bahagia. Ketika melakukan senam aerobik, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang bisa membuat kita lebih bahagia. Senam aerobik juga terbukti mampu untuk meningkatkan percaya diri dan juga fungsi otak sehingga menurunkan kemungkinan depresi.

7. Mencegah Penyakit. 

Senam aerobik selain mengasyikkan, ternyata juga mampu mencegah dan mengurangi resiko berbagai macam penyakit, seperti stroke, penyakit jantung, kolesterol, bahkan kanker.

8. Menyehatkan Otot. 

Otot manusia memerlukan oksigen untuk menghindarkan diri dari asam laktat dan kotoran lainnya. senam aerobik akan memacu aliran darah sehingga suplai oksigen ke otot tercukupi, dan terhindar dari kotoran-kotoran tersebut. Selain itu, aerobik juga bisa mengurangi nyeri otot kronis dan nyeri otot punggung.

9. Memperkuat Tulang Dan Sendi. 

Manfaat ini sangat penting bagi wanita, karena tulang dan sendi yang kuat dapat mengurangi resiko terkena osteoporosis, yang sering menyerang wanita.

10. Memberikan Tidur yang Lebih Berkualitas

Setelah melakukan senam ini, metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik. Fungsi jantung pun bekerja lebih baik yang membuat oksigen lebih banyak dialirkan ke tubuh. Hal ini akan membuat tidur akan lebih nyenyak dan berkualitas.

  Jika kamu rutin melakukan senam aerobik, maka kamu akan mendapatkan banyak manfaat yang membuat tubuh lebih bugar. Kamu dapat melakukan olahraga ini bersama teman-teman atau mengikuti kelas senam aerobik agar lebih mengasyikkan.

Related Posts

4 comments

  1. mksih infonya gan... msih mulai giat-giat berolahraga juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapp gan.. jangan lupa olahraga rutin minimal seminggu sekali

      Delete
  2. Makasih Gan Tips Nya Berguna Nih Ingin Nurunin Berat Badan

    ReplyDelete
  3. artikelnya bagus, banyak kosa katanya dan penjelasannya singkat.mantap gan...

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter