-->

Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari


  Tidur sangat penting bagi kesehatan fisik maupun mental seseorang. Kualitas tidur malam yang baik akan membuat anda merasa segar keesokan harinya. Tidur berkualitas berarti tidur nyenyak dengan waktu yang cukup.

  Rekomendasi tidur yang baik berkisar antara 7-8 jam. Tapi, terkadang sulit untuk memenuhi anjuran tersebut kalau ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Belum lagi bila kondisi stres membuat kita sulit tidur.

  Beberapa penelitian mengungkapkan  bahwa kurang tidur terkait dengan menurunnya daya berpikir, konsentrasi, dan kemampuan bekerja. Lebih jauh lagi, jika dibiarkan dalam jangka panjang, kurang tidur berperan dalam meningkatnya risiko serangan jantung, obesitas, diabetes, dan kanker.

  Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari

Berikut sejumlah tips agar anda mendapatkan tidur berkualitas :

1. Mengadopsi jadwal tidur yang teratur

Buatlah jadwal tidur dan bangun tidur di waktu yang sama setiap hari, baik itu akhir pekan atau hari libur. Ini akan membantu memperkuat siklus tidur dan bangun tubuh anda.

2. Hindari olahraga berat sebelum tidur

Olahraga dapat menghasilkan efek lelah yang membuat mudah tidur, tapi seringkali juga dapat menghasilkan efek segar yang membuat tubuh makin terjaga. Bagi anda yang sulit tidur setelah berolahraga, disarankan menggantinya dengan relaksasi yang menenangkan. Melakukan yoga, membaca buku, mandi air hangat, atau mendengarkan musik bisa menjadi pilihan.

3. Batasi tidur siang

Tidur siang dapat mengganggu tidur anda di malam hari, terutama jika anda sudah berjuang dengan insomnia atau tidur malam dengan kualitas tidur yang buruk. Jika anda harus tidur siang di siang hari,batasi tidak lebih dari satu jam dan di bagian awal sore hari.

4. Miliki ritual sebelum tidur

Cobalah mandi air hangat, meredupkan lampu sebelum tidur, minum teh hangat sebelum tidur, atau baca buku ringan menjelang tidur dapat membantu anda beristirahat. Namun, jauhi televisi dan perangkat elektronik lainnya karena ini cenderung mengganggu tidur.

5. Hindari makanan berat menjelang waktu tidur

Makanan berat akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras sehingga mengganggu tidur nyenyak. Jika merasa lapar pada malam hari, siasati dengan mengonsumsi makanan ringan, seperti biskuit, sereal, atau susu. Satu hal lagi, batasi waktu makan, paling lambat satu jam sebelum tidur.

6. Hindari kopi atau merokok sebelum tidur

Kopi mengandung kafein yang dapat membuat anda sulit mengantuk. Meskipun dipaksakan untuk tidur, anda bisa terbangun beberapa kali di malam hari. Hal ini membuat kualitas tidur anda menurun dan mengurangi waktu tidur. Efek nikotin pada rokok pun sama.

7. Hindari bekerja, nonton TV, dan menggunakan gawai di kamar tidur

Hindari bekerja di tempat tidur agar pikiran anda bisa rileks. Anda juga dianjurkan ‘melupakan’ sejenak pikiran-pikiran yang ada hubungannya dengan pekerjaan, deadline, atau ujian. Singkirkan peralatan elektronik, seperti TV dan gawai, dari tempat tidur agar tidak tergoda berselancar di dunia maya.

  Tidur bermanfaat dalam menjaga tubuh tetap sehat. Tidur juga membantu menguatkan daya tahan tubuh, menjaga suasana hati (mood), dan menjaga pikiran agar tidak stres.  Oleh karenanya, memperoleh tidur nyenyak sangat penting bagi kesehatan fisik maupun emosional.

Related Posts

10 comments

  1. Kalo saya sih slalu nyenyak gan entah itu siang atopun malam. Kalopun di malam tiba² bangun biasanya saya langsung bikin artikel aja buat blog saya . Kalo mau lihat blog saya ini nih weyaweyo

    ReplyDelete
  2. oke gan siapp, terima kasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. iya gan, direkomendasikan mengkonsumsi cemilan saja agar bisa tidur nyenyak.

      Delete
  4. Pegang hape trus juga ngaruh yah ...
    Thank infonya

    Visit : aisurunihongo.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Pegang hape trus juga ngaruh yah ...
    Thank infonya

    Visit : aisurunihongo.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan nanti malah keasyikkan utak atik hape yang membuat kita sulit untuk tidur nyenyak.

      terima kasih sudah berkunjung..

      Delete
  6. Smbil dngerin bacaan ayat suci al quran ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan itu kebiasaan saya, disamping mendengarkan Al Qur'an juga dapat pahala tidur jadi lebih adem..

      Delete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter